Minggu, 05 Februari 2012

Membuat Tampilan Ubuntu Seperti Mac


Bagi seorang pengagum tampilan di Ubuntu pastilah tak asing dengan tampilan OS dari Apple ini yaitu MacOS. Tampilan sistem operasi yang dibuat & diinstall pada produk Apple ini memang khas pada Wallpaper, Global Menu serta pada docknya.

Berikut adalah langkah-langkah merubah tampilan ubuntu seperti mac dengan macbuntu :

Instal 2 paket pendukung, yaitu global menu dan docky. Pastikan ubuntu terkoneksi dengan internet lalu buka terminal dan ketikkan perintah berikut : 

sudo add-apt-repository  ppa:globalmenu-team

lalu enter & isi passwordnya jangan lupa.
-setelah itu kita update paketnya dengan mengetik

sudo apt-get update

- kemudian kita install globalmenunya dengan mengetik command

sudo apt-get install gnome-globalmenu

lalu enter & isi password. Pastikan proses installnya tiada masalah & sukses. Berikutnya kita menampilan gnome-globalmenu ini dengan cara klik kanan pada panel atas >add to panel >panel applet global menu
Selesailah tahapan memasang gnome-globalmenunya 

Catatan :
Namun "global menu" tidak bisa di install
begutu saja di ubuntu 10.10 (Maverick) seperti halnya dapat di install pada ubuntu 10.04 (lucid). dikarenakan tidak adanya PPA untuk ubuntu 10.10 (Maverick), namun dengan sedikit trick, kita dapat menikmati "global menu" di ubuntu 10.10 (Maverick) yaitu dengan cara mengganti distribution PPA global menu ubuntu 10.10 (Maverick) ke distribution PPA ubuntu 10.04 (lucid).
jalankan update manager (System<>Administratioan<>Update Manager) lalu klik tombol "Setting" yang berada pada pojok kiri bawah. setelah itu akan muncul dialog "software sources". lalu klik tab "Other Software", dan gantikan distribution PPA global menu Maverick berikut. menjadi ke lucid

http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu Maverick main

menjadi :

http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu lucid main

dan

http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu Maverick main
(Source Code)

menjadi :

http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu lucid main (Source
Code)

Setelah mengganti distribution PPA, lakukan installalsi global menu dengan cara ketikkan pada terminal:

sudo apt-get install gnome-globalmenu

Setelah GlobelMenu terinstal silahkan klik kanan area kosong pada Top Panel
=>" Add to Panel" dan pilih "Global Penu Panel Applet" pada list yang tersedia

Selesailah tahapan memasang gnome-globalmenunya saatnya menginstal docky

sudo apt-get install docky

Setelah gnome-globalmenu terpasang & docknya juga maka kita tinggal memasang temanya yaitu Macbuntu. Untuk memiliki tema Macbuntu terbaru silahkan klik di sini ( jangan lupa download juga Gnome GlobalMenu patch for Macbuntu 10.10 ) & sesuaikan dengan versi Ubuntu anda. Setelah Macbuntu terunduh kemudian kita ekstrak filenya. Setelah itu masuk ke dalam folder hasil ekstrakannya & kita temukan ada skrip install.sh . Klik ganda pada skrip tersebut untuk menginstallnya, prosesnya nanti akan menyuruh kita mengisi passwordnya. Selesaikan proses installnya sampai minta reboot, jangan khawatir prosesnya tidak sulit kok . Adapun untuk menguninstall tema ini juga mudah kok bila sudah bosan, tinggal klik dobel pada uninstall.sh . Dan yang terakhir jangan lupa install gnome global menu patch nya dengan masuk ke folder ekstrakannya lalu klik ganda skrip g2gm.sh .

Demikianlah tutorial memasang tema Macbuntu di Ubuntu, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar