Jumat, 18 November 2011

Cara Menghapus File Sampah di Ubuntu

Jika di Windows ada aplikasi CCleaner yang fungsinya untuk membersihkan file sampah, maka di linux ubuntu ada pula aplikasi dengan fungsi serupa. Nama aplikasinya yaitu ‘Ubuntu Tweak’.
‘Ubuntu Tweak’ sebenarnya bukan hanya untuk membersihkan file sampah, namun juga untuk melakukan berbagai konfigurasi yang berkaitan dengan sistem.
Jika Anda belum memasang aplikasi ini pada ubuntu Anda, silakan unduh (download) dulu melalui halaman launchpad.net/ubuntu-tweak.
Setelah proses pengunduhan selesai, coba buka file-nya pada direktori ‘Downloads’, kemudian klik dua kali pada file hasil unduhan tersebut.

Anda akan dibawa menuju menu ‘Ubuntu Software Center’ untuk melakukan penginstallan. Klik install untuk memasangnya pada Ubuntu Anda. Setelah terinstall/terpasang, carilah lokasi tempat aplikasi tersebut berada. Jika Anda menggunakan desktop Unity, cukup ketikkan kata kunci berupa ‘tweak’ pada kolom pencarian aplikasi.

Namun jika Anda menggunakan dekstop klasik, silakan temukan aplikasi ‘Ubuntu-Tweak’ ini pada menu Applications > System Tools.



Nah, saya asumsikan Anda telah membuka aplikasi ‘Ubuntu-Tweak’.

Berikut ini cara menghapus atau membersihkan file sampah di Ubuntu:

Pada jendela aplikasi ‘Ubuntu-Tweak’ yang telah Anda buka, coba pilih/klik menu ‘Package Cleaner’ dan kemudian klik tombol unlock  untuk masuk sebagai administrator.


 Pada jendela otentifikasi yang terbuka setelah Anda mengklik tombol ‘Unlock’, masukkan password ubuntu Anda, lalu tekan Enter.


  1. Saatnya mulai melakukan pembersihan/penghapusan file-file yang tidak lagi dibutuhkan. Ada 5 menu pilihan untuk membersihkan file sampah (yang letaknya pada sisi kanan). Masing-masing berupa:
    1. Clean Packages → untuk menghapus paket-paket installasi yang telah kita unduh saat akan menginstall aplikasi dari Ubuntu Software Center (maupun dari Terminal).
    2. Clean Cache → hampir sama dengan Clean Packages, lebih tepatnya untuk membersihkan sisa-sisa cache yang mengendap pada sistem Ubuntu.
    3. Clean Config → gunanya untuk menghapus file konfigurasi yang dibuat oleh paket-paket (‘packages’).
    4. Clean Kernels → menghapus kernel lama atau versi kernel sebelumnya yang sudah tidak kita gunakan. Setelah melakukan proses upgrade Ubuntu dan menginstall kernel terbaru, kernel lama biasanya akan tetap berada di sistem. Nah, lewat pilihan menu ini, kita bisa menghapus kernel lama tersebut.
    5. Purger PPAs → fungsinya untuk menghapus/membatalkan file-file ‘repository’ yang telah kita unduh ketika hendak berlangganan update suatu aplikasi. Saya pribadi sangat TIDAK MENYARANKAN untuk menghapus bagian ini, soalnya nanti Anda tidak akan lagi memperoleh unduhan rilis paket terbaru jika menghapus bagian ini.
  2. Nah, setelah tahu fungsi masing-masing menu di atas, saatnya kita mulai melakukan pembersihan file sampah. Caranya:
    • Pilih/klik salah satu menu Clean, misalnya menu ‘Clean Packages’ atau menu ‘Clean Cache’.
    • Beri ceklis atau centang pada pilihan ‘Select All’.
    • Klik tombol cleanup untuk menghapus/membersihkannya. Jika muncul jendela otentifikasi, silakan masukkan kembali password ‘root’ ubuntu Anda.
    • Lakukan hal yang sama untuk menu-menu lainnya satu per satu.
 Usai proses pembersihan berhasil, akan muncul jendela kecil seperti di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar